Minggu, 27 November 2011

REBOISASI HUTAN KITA DAN LINGKUNGAN KITA DENGAN MENANAM POHON

TAHU TIDAK JIKA KITA MENANAM POHON ITU SANGAT PENTING

oksigen yang kita hirup dihasilkan oleh pohon.oksigen adalah bagian kehidupan yang sangan penting.kekurangan oksigen dalam tubuh akan membuat kerja tubuh akan terganggu dan bahkan bisa menyebabkan kematian.100% kegatan sehari hari kita  mahluk hidup menggunakan oksigen.

coba kita bayangkan bila oksigen di sekitar kita tidak ada?   ... jangankan untuk bergerak.. menghirup pun kita tidak bisa....

oksigen adalah zat yang di proses oleh pohon melalui  proses fotosinstesis dimana daun pohon akan menghirup CO2 ( carbondioksida )dan akan mengeluarkan O2 ( oksigen ) penting kita ketahui... bahwa pohon sangat penting dalam kehidupan mahluk hidup di bumi ini... jika setiap hari pohon di bumi ini di tebang... maka ogsigen di bumi pun akan berkurang. begitu pula dengan jumlah oksigen yang dihasilkan juga berkurang...

kita perhatikan gambar di bawah ini....

 
pohon bungur dan mahoni












Dikenal mampu menyerap polutan seperti timbal.  Maka kedua pohon ini sebaiknya ditanam untuk penghijauan di kota-kota besar, dekat jalan protokol yang padat lalu lintasnya. Bukan rahasia lagi kalau kendaraan bermotor menjadi penyumbang timbal terbesar di udara Sebaliknya, pohon seperti akasia sebaiknya jangan dijadikan pohon jalur hijau. Mengapa? karena akasia menjadi salah satu pencetus asma. Begitu juga pohon palem yang indah bentuknya, tak begitu besar manfaatnya.

Pohon Trembesi

   Mampu menyerap karbondioksida dalam jumlah yang besar, sehingga sangat disarankan untuk ditanam sebagai pohon penghijauan. Namun trembesi membutuhkan lahan yang cukup luas.
Sansevieria
   Kalau kembang sepatu berfungsi melanjutkan radiasi, tidak demikian dengan tanaman sansevieria ini. Sansevieria mampu menyerap 107 jenis racun, termasuk polusi udara, asap rokok (nikotin), hingga radisi nuklir, sehingga cocok dijadikan penyegar. Oya, kaktus juga bisa menghambat radiasi.
Kembang Sepatu

   Mampu menyerap nitrogen sehingga membuat paru-paru kita jadi lega. Namun jangan sekali-sekali menanam bunga kembang sepatu di dekat ruang Radiografi. Tanaman ini berfungsi meneruskan radiasi sehingga berbahaya bagi orang di sekitar tempat radiografi tersebut.

Lumut

    Lumut yang menempel di batang pohon mampu mendeteksi tingkat polusi udara suatu daerah. Semakin banyak lumut menempel di sebuah pohon berarti semakin baik kualitas udara di tempat itu.


coba kita renungnkan tindakan tindakan investor yang membangun gedung - gedung yang tingggi ... penggunaan kendaraan yang tak terawat.. limbah pabrik yang mencemari  lingkungan.. dan penebangan pohon secara besar besaran... dari semua ini  sudah berapa banyak pohon yang mati dan di tebang...?
berapa jumlah oksigen sekarang ini...?
berapa banyak karbondioksida sekarang ini...?
berapa orang di dunia ini yang sakit karna hal ini...?
sudah berapa besar kerusakan oleh hal ini..?

mari kwan -kawan semua  kita perbaiki hutan kita.. mari kita kembalikan lingkungan kita dengan memperbanyak menanam pohon .... karena semua itu memberikan kesehatan dan rejeki buat kita semua...


klik disini
poko rantau

1 komentar:

  1. buat kawan kawan semua yang membaca ... diharapkan memberi masukan saran dan keritik nya makasih

    BalasHapus